BIDUAK KELUARGA PADA HARGANAS

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat melakukan kegiatan memperingati Hari Keluarga Nasional ke XXVI pada Sabtu tanggal 29 Juni 2019 di Kota Padang. Dalam rangkaian kegiatan tersebut mulai dari Senam Pagi di Jembatan Siti Nurbaya, melepas Biduak Keluarga sebanyak 21 unit yang telah dihiasi oleh kontingen Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, ditambah dengan kendaraan di darat seperti bendi, odong-odong, sepeda tandem, sepeda hias, Mobil Unit Penerangan (MUPEN), Motor Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) serta diiringi dari udara dengan motor para layang yang membawa pesan hari keluarga nasional. Pelepasan Biduak Keluarga tersebut dilepas oleh Sekretaris Utama BKKBN (H. Nofrijal, MA), Walikota Padang (H. Mahyeldi Ansarullah) beserta Istri, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat (H. Syahruddin).

Biduak Keluarga dari Muaro Jembatan Siti Nurbaya berlayar menuju Pantai Muaro Lasak menyisir Pantai Padang dan semua kontingen menikmati perjalanan Biduak Keluarga. Gubernur Sumatera Barat (H. Irwan Prayitno) bersama Forkopimda Sumbar, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat dan masyarakat menyambut kedatangan Biduak-Biduak Keluarga, dimana Sekretaris Utama BKKBN, Walikota Padang dan Istri, juga ikut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bangka Belitung serta Kontingen Kabupaten/Kota se Sumatera Barat yang diisi oleh Keluarga Harmonis, Kader-Kader dan PKB/PLKB ikut berlayar menyisir pantai padang dengan Biduak Keluarga tersebut.

Gubernur Sumatera Barat membuka langsung Kegiatan Hari Keluarga Nasional yang ke 26 tahun 2019, dan sekaligus menghitung mundur 365 hari tanda Sumatera Barat khususnya di Kota Padang sebagai Tuan Rumah Hari Keluarga ke 27 tahun 2020. Tema Hari Keluarga Nasional pada tahun ini adalah Hari Keluarga Hari Kita Semua, Cinta Keluarga Cinta Terencana.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Utama BKKBN mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional yang ke 26 dan selamat Sumatera Barat khususnya Kota Padang akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke 27 tahun 2020. Sestama BKKBN, H. Nofrijal, MA juga mengapresiasi program Walikota Padang yang dalam hal itu mendukung program Ketahanan Keluarga atau Pembangunan Keluarga salah satunya Program 18-21, dimana Walikota Padang membuat program mulai jam 18.00 sampai dengan 21.00 dihimbau semua keluarga untuk berkumpul, melakukan aktifitas ibadah seperti sholat berjemaah dan mengaji, berkumpul dan besosialisasi dengan anggota keluarga serta tidak menggunakan gadget masing-masing.

Gubernur Sumatera Barat menyampaikan banyak hal berkaitan tentang keluarga, beliau menyampaikannya melalui pantun-pantun spontan. Gubernur Sumatera Barat, H. Irwan Prayitno juga mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional kepada seluruh masyarakat di Sumatera Barat dan mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Pusat mempercayai Sumatera Barat sebagai tuan rumah Harganas ke 27 tahun 2020. Setelah melepas balon tanda hitung mundur 365 hari untuk Harganas ke 27 tahun 2020 di Sumatera Barat, Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno tampil memukau bersama IP Band sebagai vokalis dan drumer.