Dharmasraya Komitmen Sukseskan Program Vaksinasi Bagi Keluarga

Jumat, 10 September 2021, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Ibu Fatmawati, ST, M.Eng memberikan arahan pada Koordinasi Percepatan Vaksinasi Bagi Keluarga untuk Kabupaten Dharmasraya melalui virtual meeting. Kegiatan ini diikuti oleh Jajaran DinsosP3APPKB, penyuluh lapangan kb, Ketua Ikatan Penyuluh KB, para kader dan perwakilan forum GenRe Dharmasraya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Ibu Fatmawati, ST., M.Eng menyampaikan, Apresiasi kepada Kabupaten Dharmasraya karena yang pertama melakukan koordinasi dan konsolidasi terkait dukungan menyukseskan vaksin keluarga.

Berhubung kita sudah hampir dua tahun hidup berdampingan dengan pandemi covid 19 . Pada 21 Juni 2021 lalu, Kepala BKKBN dipanggil presiden untuk membantu menyukseskan vaksinasi karena saat ini, menurut pemerintah cakupan persentase vaksinasi yang belum terlalu menggembirakan.

Untuk itu, Perwakilan BKKBN Sumatera Barat telah diamanatkan 4 kabupaten/kota se Sumatera Barat termasuk Dharmasraya, Lima Puluh Kota, Agam, dan Padang Pariaman oleh BKKBN Pusat. Khusus Dharmasraya diamanatkan 71 ribu target vaksinasi. Perwakilan BKKBN Sumatera Barat ditargetkan 300 ribu dari empat kabupaten.

Saat ini ketersediaan vaksin di Sumatera Barat sudah tersedia, hal ini berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat. Vaksinasi kepada keluarga dilakukan pada ibu hamil, ibu menyusui, anak 12-17 tahun, dan orang dewasa. Nanti akan diatur mekanisme pelaksanaan vaksinasi. Pelaporan vaksinasi diharapkan hasil penggerakan bisa dari BKKBN melalui akun P-Care di masing-masing faskes.

Sebelumnya, Kepala DinsosP3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bapak Boby P. Riza, S.STP., M.Si, menyampaikan bahwa, Bupati Dharmasraya sangat mendukung dan semangat untuk kampanye vaksinasi. Saat ini 34 persen vaksin tahap pertama sudah dilakukan dan mungkin capaian ini yang tertinggi level kabupaten.

Semoga dengan dukungan BKKBN, kita semakin semangat dalam mendukung program vaksinasi. Selanjutnya, mari sama-sama kita melawan hoaks dilapangan yang mungkin menentang vaksinasi. Kita semua di Dharmasraya komitmen menyukseskan target vaksinasi sebagai amanat pemerintah.

Acara dibuka oleh Sub Koordinator BKR, Bapak Dedy Agustanto, S.Kom, M.Pd., T., dan dimoderatori oleh Koordinator Bidang KSPK, Ibu Dra. Desra, M.M., pada diskusi virtual dengan Jajaran DinsosP3APPKB Dharmasraya.