Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Barat Dukung Pelaksanaan Harganas 2020 Sebagai Momentum Perkuat Ketahanan Keluarga

Kamis, 19 Maret 2020 di Ruang Rapat MUI Sumatera Barat, Kepala Biro Pembinaan Mental (Bintal) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Drs. Saifullah memimpin Rapat Koordinasi Terkait Pelaksanaan Khutbah Jum’at Secara Serentak se Indonesia pada 10 Juli 2020 nanti dan Membahas Hal Lainnya Yang Dirasa Perlu. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat dan Jajaran, Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Barat dan sejumlah organisasi kemasyarakatan Bidang Keagamaan.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat dalam selaku panitia Harganas XXVII kesempatan ini menyampaikan bahwa, pada tahun 2020 ini Sumatera Barat akan menyelenggarakan event nasional seperti Penastani, Harganas-HAN dan MTQ. Khusus dalam Harganas-HAN pada 8 s/d 11 Juli 2020 kita berharap akan dihadiri oleh Presiden RI pada salahsatu rangkaian acaranya.

Kegiatan akan diawali dengan roadshow dalam rangka safari pelayanan KB dan Pelayanan tentang anak yang dihadiri oleh BKKBN dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dari Jakarta melewati Provinsi yang memiliki jalur menuju ke Sumatera Barat dan akan sampai di Sumatera Barat 8 Juli 2020 dilanjutkan dengan rancangan acara seperti :
1. Gelanggang dagang dari Pokja Kampung Keluarga Berkualitas seluruh Indonesia.
2. Bhakti Sosial dari lintas sektor
3. Acara seminar-seminar
4. Festival Millenial
5. Kegiatan Forum Anak (main layang-layang) mendapat rekor MURI.
6. Konser Kebangsaan
7. Jalan sehat
8. Khutbah Jum’at dengan topik Ketahanan Keluarga untuk Keluarga Berkualitas yang akan dibahas pada Khutbah Jum’at 10 Juli 2020 seluruh Indonesia.

Ketua MUI Sumatera Barat dalam hal ini pada dasarnya menyampaikan apresiasi tentang ide kegiatan khutbah Jum’at bertema ketahanan keluarga yang akan dilaksanakan pada event nasional. Selanjutnya, MUI akan membuat maklumat untuk tema besar terkait ketahanan keluarga¬† yang akan dipakai pada Khutbah Jum’at yang mulai diterbitkan pada periode Juni s/d Juli 2020. Selanjutnya, mekanisme terorganisir untuk pembinaan keluarga melalui kerangka Ranperda oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat harus terus kita apresiasi dan kawal. Terakhir, Ketua MUI Sumatera Barat berpesan semoga dengan Harganas 2020 ini ada sebuah program berkelanjutan yang akan tetap dilaksanakan sebagai bagian berkelanjutan untuk pembinaan dan pembangunan keluarga melalui kolaborasi Pengembalian fungsi madrasah harus dikembalikan untuk penguatan karakter siswa sebagai anggota keluarga, dan pengelolaan madrasah secara berkelanjutan serta madrasah dalam kehidupan keluarga.

Ketua MUI Kota Padang, dalam hal ini memberikan komentar kalau bisa Peran masing-masing instansi dan lembaga, apa peluang kita untuk memberikan warna baru dalam acara Harganas tersebut, salah satunya seperti bhakti sosial untuk memunculkan semangat kebersamaan, danpemberdayaan keluarga melalui komunitas keagamaan dan kebudayaan khususnya di kampung KB, perlu terus digali. Bisa juga lebih lanjut dalam kita buat diskusi untuk menyusun profil keluarga millenial yang ideal dan berketahanan, serta berkearifal lokal. Saat ini, menggebyarkan secara nasional gema bahwa berkeluarga pada dasarnya bukan hanya mempersoalkanl jumlah anak saja, namun lebih ke pembangunan kulitas keluarga, untuk itu kita harus memanfaatkan momentum pada bulan gebyar Bulan Ramadhan kali ini. (humas)