Pengelola Program BKR se – Sumatera Barat Dapat Arahan Dari Kaper BKKBN Sumbar

Selasa, 29 September 2020 Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Ir. Hj. Etna Estelita, M.Si, memberikan arahan sekaligus membuka Orientasi Pengelola Kelompok BKR Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Ruang Belajar Latbang dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris dan Sub Koordinator Pengelola Program BKR (Bina Keluarga Remaja). Peserta kegiatan ini, Pengelola Program BKR se Sumatera Barat.
Kepala Perwakilan memaparkan TFR (total fertility rate) 2,5 pada 2017, naik lagi menjadi 2,75 di tahun 2019. Kuantitas penduduk perlu dijaga pertumbuhannya. Karena penduduk yang banyak nantinya bila tidak berkualitas akan menjadi beban bagi negara sekaligus lingkungan nantinya. Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) oleh BKKBN berperan penting menciptakan penduduk berkualitas, dalam mengedukasi para remaja menjadi remaja yang sehat secara jasmani, dan rohani serta mampu merencanakan hidup sesuai siklus tahapan perkembangan seorang remaja. Seperti melanjutkan pendidikan, bekerja, membangun keluarga yang berencana, menerapkan hidup sehat sekaligus menjadi bagian dari anggota masyarakat.
BKKBN juga berkomitmen hadir untuk para remaja. BKKBN telah melakukan rebranding program menjadi Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan KB (Bangga Kencana) dengan mendahulukan aspek pembangunan keluarga. Selanjutnya, lambang BKKBN telah berganti menjadi lambang love, dengan kombinasi simbol love, kupu-kupu, merangkul dan tak terbatas. Hal ini dilakan BKKBN agar lebih diminati geberasi millenial.
Untuk itu, BKKBN melalui Program BKR dipersiapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan keluarga ketika membina remaja. Diharapkan melalui kegiatan ini, Ibu-Ibu pembina kelompok BKR bisa menyampaikan sosialisasi materi secara inovatif dan kreatif, sekaligus mendorong partisipasi masyarakat dalam melakukan pembinaan kepada remaja agar menjadi remaja sebagai agen perubahan sekaligus pembangunan dimasa depan, dan berencana tentunya, pungkas Bu Kaper.