Pertemuan Pro PN Bina Keluarga Lansia “Semarak” Untuk Wujudkan Lansia Tangguh

Dalam rangka mendukung Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), yaitu meningkatkan kapasitas pengelola Pro PN Bina Keluarga Lansia, hari ini Kamis, 9 September 2021, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat yang diwakili oleh Koordinator Bidang KSPK, Ibu Dra. Desra, M.M., memberikan materi “Tujuh Dimensi Lansia Tangguh dan Perawatan Jangka Panjang (PJP) Bagi Lansia (Kader BKL)”, pada acara Pertemuan Sosialisasi 7 (Tujuh) Dimensi Lansia Tangguh dan Orientasi Pendampingan PJP Bagi Lansia (Bagi Kader BKL) melalui virtual meeting. Peserta sangat antusias, hal ini dengan banyaknya peserta yang hadir dalam pertemuan virtual ini, sekitar 147 orang peserta. Sebelum materi dimulai, Plh. Sub Koordinator BKB & BKL, Bapak Dedy Agustanto, S.Kom, M.Pd., T., memberikan sambutan sebagai panitia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid/Kasi yang membidangi lansia OPD KB se-Sumatera Barat, penyuluh KB dan semua kader Bina Keluarga Lansia (BKL) percontohan se-Sumatera Barat. Dalam kesempatan ini Koordinator Bidang KSPK menyampaikan, menurut WHO dan UU No. 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, adalah seseorang yang berusia 60 tahun keatas.

Berdasarkan data BPS 2020, jumlah lansia sebanyak 16 juta jiwa atau 5,95  persen dari total penduduk Indonesia yang tercatat sejumlah 270,2 juta jiwa. Pada Sumatera Barat, tahun 2020 dengan jumlah penduduk 5,53 juta jiwa, jumlah lansia sebesar 10,83 persen atau 598 ribu jiwa, naik dibanding tahun 2010 yang sebesar 8,08 persen dari populasi. Untuk itu, diharapkan melalui acara ini, bisa meningkatkan pemahaman kita semua guna mewujudkan kehidupan para lansia menjadi tangguh. Maksud dari lansia tangguh adalah lansia yang telah pensiun dari pekerjaan, namun tetap sehat, aktif berpartisipasi dalam kegiatan keluarga, masyarakat, dan negara dengan berbagai cara. 7 dimensi yang perlu diperhatikan dalam kehidupan lansia, guna mencapai lansia tangguh seperti : dimensi spritual, dimensi intelektual, dimensi fisik, dimensi emosional, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi profesional vokasional, dan dimensi lingkungan. Semoga, semua lansia bisa sehat dan tangguh walaupun dimusim pandemi covid 19.