Pro PN Fasilitasi Pengelolaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Secara Virtual Berjalan Lancar

Rabu, 22 September 2021, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat yang diwakili oleh koordinator Bidang KSPK, Ibu Dra. Desra, MM memberikan materi tentang Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS). Kegiatan ini merupakan Fasilitasi Pengelolaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) yang dilaksanakan secara virtual sebagai salah satu kegiatan Pro PN 2021.

Kegiatan ini dilatarberlakangi Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga merupakan landasan hukum dalam penyelenggaraan pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga Indonesia dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mengembangkan kualitas penduduk pada seluruh dimensi. Dalam pasal 47 dinyatakan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mendukung keluarga agar dapat melaksanakan fungsi keluarga secara optimal.

Selanjutnya, Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera diatur dalam Perka BKKBN Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pusat Keluarga Sejahtera. Secara khusus, PPKS memiliki tujuan sebagai acuan dalam Penyelenggaraan sebagai layanan Publik, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, memperluas jangkauan dan mendekatkan akses keluarga dan masyarakat terhadap pelayanan program Bangga Kencana. PPKS menjadi salah satu ujung tombak BKKBN dalam memasyarakatkan Program Bangga Kencana. Diharapkan pada musim pandemi, kegiatan PPKS terus memberikan layanan pada masyarakat dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan ini sebelumnya dibuka dan penyampaian laporan panitia oleh Plh. Sub Koordinator Bina Keluarga Balita dan Anak, Bapak Dedy Agustanto, S.Kom, M.Pd,T., dan dimoderatori oleh Bapak Filka Khairu Pratama, S.Sos. Peserta dari kegiatan ini Bapak / Ibu dari OPD KB Kabupaten/Kota yang mengelola PPKS serta Bapak / Ibu penyuluh lapangan kb.