Sebar Luaskan Data Profil Kependudukan

Hingga kurun waktu 6 tahun terakhir berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Laju Pertembuhak Penduduk Sumatera Barat sebesar 1,31 persen pertahunnya. Menyadari itu Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat melalui bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) melaksanakan kegiatan “Diseminasi dan Advokasi Pemanfaatan Data Profil (Parameter dan Proyeksi) Kependudukan melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Hotel Rangkayo Basa, Padang. Kegiatan ini diikuti dan dihadiri langsung oleh Ketua Koalisi Kependudukan Sumatera Barat, Bappeda Sumatera Barat, OPD KB dan Bappeda dari Kabupaten / Kota.

Tujuan dari kegiatan ini adalah guna menyebar luaskan data profil kependudukan kepada para pemangku kebijakan di Kabupaten / Kota. Sehingga data ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), Renstrada atau dokumen RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah).

Melalui Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) yang diamanatkan melalui Peraturan Predisen Nomor 153 Tahun 2014, diharapkan seluruh Kabupaten dan Kota untuk dapat menyusun Grand Design Pembangunan tersebut. Semua ini diharapkan GDPK yang telah disusun nantinya dapat dimanfaatkan dalam pembangunan daerah.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat H. Syahruddin, SH, M.Si menuturkan “dalam menunjang perencanaan pembangunan dimasa yang akan datang, perlunya informasi tentang penduduk atau kependudukan yang akurat dan terintegrasi”. Selain itu semua ini dilakukan untuk mengetahui parameter penduduk seperti struktur umur, angka kelahiran dan angka harapan hidup. Meskipun begitu dari data kependudukan yang ada, juga dapat dilihat data – data yang ada berkaitan dengan kependudukan.

Nantinya pemanfaatan profil pependudukan sangat erat kaitannya dengan penyiapan pelayanan publik. Data yang akurat dan berkualitas diperlukan untuk berbagai keperluan pelayanan, pengambilan keputusan, perencanaan pembangunan, dan lain-lain. Oleh karenanya, akan lebih mudah jika profil kependudukan sudah terintegrasi dengan sistem perencanaan baik jangka panjang maupun tahunan. Sehingga ada ukuran tingkat ketercapaian program KKBPK yang dilaksanakan di OPD KB Kabupaten Kota di Sumatera Barat.(Fathur/Humas)