Wakil Gubernur Sumbar dan Kepala BKKBN Apresiasi Perw. BKKBN Sumbar pada GenRe Awards 2020

Kamis, 16 Juli 2020 Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit membuka secara resmi acara GenRe Awards 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Inna Padang ini juga dihadiri oleh Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) melalui virtual zoom. Sebelumnya, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Ir. Hj. Etna Estelita, M.Si memberikan sambutan. Pada ksempatan ini juga diberikan penghargaan Ayah Bunda GenRe se Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat mengucapkan terimakasih kepada BKKBN Sumbar karena telah menyelenggarakan acara ini dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Saat ini terjadi perubahan yang signifikan karena pertemuan dilakukan secara daring. Untuk itu kepada generasi muda GenRe harus menguasai teknologi, jangan mau dikuasai teknologi. Jadilah pemimpin bangsa kedepan, namun tetap berkarakter budaya lokal. Sekarang TFR Sumbar mencapai 2.7 dari yang sebelumhnya 2.5, untuk itu mohon kerjasamanya kepada kita semua, Karena kalau kelahiran naik, otomatis sumberdaya pemenuhan kebutuhan akan meningkat drastis.

Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG(K) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dari BKKBN Pusat Karena telah memfasilitaai kegiatan remaja di era pandemi, dengan memperhatikan protokol kesehatan.Saat ini BKKBN telah merebranding program dan logo, dari dua anak cukup ke berencana itu keren yang ditujukan untuk kaum millenial agar lebih memaknai perencanaan hidup.
Remaja sebagai motor penggerak bagi perkembangan bangsa
diharapkan mampu sebagai agen perubahan dan melebihi prestasi bangsa saat ini kedepan.

Nilai-nilai dari Genre yaitu mencegah seks pra nikah, mencegah tidak ada menikah diusia anak, dan mencegah penyalahgunaan narkoba semoga menginspirasi remaja Indonesia agar menjadi remaja yang berkualitas, untuk menjadi remaja unggul, Indonesia maju. Peran genre menciptakan generasi yang berkarakter dan berakhlak baik.Program GenRe juga mengamanatkan
Pendewasaan usia pernikahan, minimal 21 untuk perempuan, minimal 25 untuk laki2.

Program GenRe juga mengajarkan nilai-nilai
Menghindari perilaku melahirkan terlalu tua Karena berbahaya bagi ibu dan anak. Menghindari melahirkan terlalu muda, Karena berisiko bayi stunting dan pendarahan bagi ibu.Menghindari melahirkan terlalu sering dan terlalu banyak. Semuanya adalah upaya merencanakan dan mempersiapkan generasi emas, dengan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat menyampaikan, kegiatan telah dirancang dari awal tahun 2020 dengan tujuan memberikan apresiasi kepada siapa saja orang yang memberikan kontribusi kepada Program GenRe, mulai dari Ayah Bunda GenRe, BKR Unggulan, PIK Remaja jalur Pendidikan Unggulan, PIK Remaja jalur Masyarakat, Kompetisi 5GE(Genre Educate, Empathic, Entrepreneur, Entertein, Electronic) dan Pemilihan Duta GenRe Tahun 2020.

Pemilihan duta Genre tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pemilihan tetap kita lakukan dimasa pandemi covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan, menggunakan masker, cuci tangan, physical distancing, dimana kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru, kita harus menjaga kondisi fisik dan mental kita dengan baik, hal itu berkaitan dengan imunitas tubuh, harus menjaga pola makan, cukup istirahat, rutin berolahraga, jauhi rokok dan alkohol, kendalikan stress. Kebiasaan-kebiasaan ini harus kita jalankan untuk menghindari terinfeksi virus corona.

Selamat kepada Duta GenRe Sumbar 2020 :
Putra : Ahmad Farezi, asal Pesisir Selatan
Putri : Chintia Mutiara Zeni, asal Kota Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *