Wisata Alam Menarik Di Kampung KB Batu Manjulur

Kampung KB Batu Manjulur terletak di Nagari Batu Manjulur Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung Propinsi Sumatera Barat. Dicanangkan pada Tanggal 1 Oktober 2018 oleh Bupati Sijunjung bersamaan dengan 16 Kampung KB lainnya di tahun ketiga pembentukan Kampung KB di Kabupaten Sijunjung. Sehingga total terdapat 26 Kampung KB di Kabupaten Sijunjung saat ini.

Kampung KB Batu Manjulur bisa dibilang gesit dan terus menggeliat. Hanya butuh waktu satu tahun, Kampung KB Batu Manjulur ditetapkan menjadi salah satu Kampung KB Percontohan di Kabupaten Sijunjung. Tentunya penetapan ini sesuai hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Sijunjung selaku leading sektor Pelaksanaan Program Kampung KB di Kabupaten Sijunjung. Dan juga penilaian team Perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Barat yang mengunjungi Kampung KB Batu Manjulur akhir Tahun 2019 lalu.

Beberapa item sudah terpenuhi dengan baik oleh Kampung KB Batu Manjulur. Diantaranya:

  1. Ada Sekretariat Pokja Kampung KB
  2. Tersedia Rumah DataKU dengan display data yang lengkap
  3. Terdapat seluruh Kelompok Kegiatan KKBPK (IMP, BKB,BKR, BKL, UPPKS, PIK R)
  4. Peningkatan CPR dan Peningkatan penggunaan KB MKJP PUS
  5. Administrasi Pokja Kampung KB dan Mekanisme Operasional Kampung KB berjalan dengan baik

 

Di tanggal yang sama dengan berdirinya Kampung KB Batu Manjulur, 1 Oktober 2018 beberapa tokoh masyarakat peduli lingkungan di Nagari Batu Manjulur memiliki inisiatif untuk membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Nagari Batu Manjulur. Berbekal tekad untuk mewujudkan Pariwisata di Nagari Batu Manjulur.

Keberadaan Pokja Kampung KB Batu Manjulur turut membantu perjuangan Pokdarwis Batu Manjulur dalam upaya mensosialisasikan pada masyarakat tentang pariwisata yang bisa dikembangkan di Nagari Batu Manjulur dan juga menggandeng OPD terkait untuk mendampingi langkah Pokdarwis Batu Manjulur dalam membangun pariwisata di Nagari Batu Manjulur.

Penyuluh KB Pembina Kampung KB Batu Manjulur Kecamatan Kupitan, RIZKI MEYLINDA, dan Ketua Pokja Kampung KB Batu Manjulur yang juga sekaligus Ketua Pokdarwis Batu Manjulur, AZHARI, selalu berkoordinasi dan melakukan advokasi dengan tokoh formal dan informal dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan. Tak terkecuali di sektor pariwisata ini, yang juga tertuang dalam RKM (Rencana Kerja Masyarakat) Kampung KB Batu Manjulur.

Beberapa kali dalam pertemuan Pokja Kampung KB dan Forum Musyawarah Kampung KB Batu Manjulur, menghadirkan Narasumber dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung yang memberikan arahan serta dukungan untuk terealisasinya objek wisata di Nagari Batu Manjulur.

Juga terlibat Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung yang memberikan sosialisasi dan arahan pada masyarakat tentang pengelolaan sampah dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini sangat penting terutama dalam mendukung sektor wisata yang akan dibangun di Nagari Batu Manjulur. Dan pelaksanaan pertemuan tersebut didukung oleh anggaran Pembinaan Kampung KB pada DPA Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Sijunjung yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik BKKBN.

Tindak lanjut pertemuan Pokja Kampung KB dan Forum Musyawarah Kampung KB dengan OPD terkait, melahirkan komitmen yang lebih jelas untuk perjuangan membangun pariwisata di Nagari Batu Manjulur. Pokdarwis Batu Manjulur resmi menjadi binaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung setelah Wali Nagari Batu Manjulur menerbitkan SK Pembentukan Pokdarwis Batu Manjulur pada Tanggal 25 Oktober 2019.

Pokdarwis Batu Manjulur terus bergerak dan berjuang mewujudkan mimpi terwujudnya Objek Wisata di Nagari Batu Manjulur. Alhamdulillah saat ini pembangunan objek wisata tahap I rampung dan sudah mulai promosi. Keberhasilan terwujudnya Objek Wisata di Nagari Batu Manjulur, tak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat Nagari Batu Manjulur serta Pemerintahan Nagari Batu Manjulur sehingga Pokdarwis Batu Manjulur dapat menyelesaikan misi tahap pertama mereka dalam menciptakan pariwisata di Nagari Batu Manjulur.

Pariwisata Nagari Batu Manjulur merupakan pariwisata berskala nagari dan merupakan unit usaha dari Badan Usaha Milik Nagari Batu Manjulur. Objek wisata Nagari Batu Manjulur menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan. Sangat memikat dan pastinya menantang para pecinta alam. Objek wisata tersebut diantaranya :

  1. Hamparan sawah Incang Lado
  2. Guo (Gua) Tampiak
  3. Camping Ground Puncak Jonjang Kambiang, memukau dengan suasana sunset menjelang senja, suasana malam dengan suara binatang malam dan suasana pagi seperti Negeri di Atas Awan sekaligus sunrise yang memukau.
  4. Jembatan Gantung Batu Palimawan
  5. Aia Tojun (Air Terjun) Ikua Sawah Simpang
  6. Puncak Lontiek Gabak (Bukit Teletubbies)
  7. Arung Jeram mulai dari Paliliekkan – Lubuok Manisan Loba – Ngungun – Batu Palimawan
  8. Pintu Angin
  9. Gunung Pandan

Usaha promosi wisata sudah diluncurkan oleh Pokdarwis Batu Manjulur.Foto dan video mulai dibuat dan diviralkan di media sosial. Tentu saja keterlibatan Remaja Genre ada disini. Mereka yang muda yang penuh kreasi dan inovasi. Mereka tergabung dalam PIK Remaja Jalur Masyarakat IKPM (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa) Batu Manjulur yang juga aktif menjadi anggota Pokdarwis Batu Manjulur. Mereka memegang peranan penting dalam mengeksplor wisata alam dan mempromosikannya di jagat dunia maya. Silahkan ikuti instagram @pokdarwis.batumanjulur, facebook @Pokdarwis BatuManjulur dan Channel Youtube @Pokdarwis Batu Manjulur. Dan lihatlah keindahan alam Nagari Batu Manjulur yang sangat menakjubkan.

Tertantang untuk menikmati keindahan alam Nagari Batu Manjulur secara langsung,, langsung saja hubungi Pokdarwis Batu Manjulur. Contact Person AZHARI, 082174434277

(kieemzet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *