BKKBN Sumbar Gelar Pertemuan Tim Jaga Mutu Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan KB Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020

Senin, 16 Maret 2020 di Ruang Belajar Latbang BKKBN Sumatera Barat, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat memberikan arahan sekaligus membuka, Pertemuan Tim Jaga Mutu Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan KB Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

Dalam arahannya, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat menjelaskan, dari hasil laporan statistik rutin akhir tahun 2019 terlihat bahwa kasus komplikasi berat di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 adalah sebanyak 18 kasus, dan kasus kegagalan adalah sebanyak 86 kasus. Ini merupakan jumlah yang sangat besar. Untuk itu diperlukan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan KB yang sesuai dengan standarisasi pelayanan, sehingga diharapkan dapat menekan jumlah komplikasi dan kegagalan di Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu arah kebijakan BKKBN yaitu Menyelenggarakan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) secara komprehensif. Untuk itu, dengan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan KB yang sesuai dengan standarisasi pelayanan KB kali ini diharapkan dapat mengurangi jumlah komplikasi dan kegagalan di serta meningkatkan jumlah kepersertaan KB di Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan kali ini, sesi pemberian materi dimoderatori oleh Kabid. KBKR, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si, dengan pemateri sebagai berikut :
1. Kaper BKKBN Sumatera Barat, Ir. Hj. Etna Estelita, Msi menyampaikan materi Kebijakan dan Strategi Penjaminan Mutu Pelayanan KB di Provinsi Sumatera Barat.
2. Kepala Seksi Inspeksi BPOM Sumatera Barat, Asmawati Anwar, Apt., Menyampaikan materi Standarisasi Penyimpanan dan Distribusi Alokon Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan KB.
3. Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Sumatera Barat, dr. Hendrapala Wahid, menyampaikan materi Target Kesehatan Selama Bhakti IBI KB-Kes.