Kampung KB Sehati Sijunjung Di Kunjungi TIM Penilai Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan

Tim Verifikasi Penilaian Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga (KKBPK) hari kedua di Sumatera Barat, melakukan verifkasi ke Kampung KB Sehati Kab. Sijunjung. Dr. Aida Kusuma, S.Pd, M.Si sebagai Ketua TIM melanjutkan perjalanan darat dengan minibus yang difasilitasi langsung oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung yang memakan waktu lebih kurang 3 jam dari Kota Padang.

Sesampainya di Kampung KB Sehati Kab. Sijunjung, Tim Verifikasi disambut oleh Kader KB, Kader Tribina, PPKBD dan Sub PPKBD. Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Bidang KSPK Perwakilan Sumatera Barat, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Sijunjung, Walinagari Guguak, serta tokoh masyarakat setempat. Menurut Ketua Tim kegiatan ini bertujuan untuk memverifikasi dan mengumpulkan data beserta fakta yang akan diberikan kepada tim dewan verifikasi yang diketuai oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, yang nanti akan memberikan nama-nama yang telah dirokomendasikan dan layak menerima penghargaan.

Harapan dari Walinagari Guguak melalui peninjauan lapangan ini, selain untuk melihat secara langsung kinerja Bupati Sijunjung dalam hal Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Kampung KB. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan memotivasi para kader untuk lebih giat dalam menjalankan program kerjanya, sehingga masyarakat bisa diberdayakan untuk peningkatan kualitas hidup yang lebih baik. Lebih lanjut, Kampung KB sehati menjadi satu – satunya pilot project Pengelolaan Bank Sampah di Kampung KB yang ada di Kabupaten Sijunjung ini. Hasil dari pengelolaan Bank Sampah ini sudah dapat dirasakan oleh masyrakat seperti kerajinan tas, pupuk untuk pertanian. Selain itu melalui Kampung KB ini pemerataan pembangunan diharapkan dapat terus dilakukan. Sehingga tidak hanya di Kampung KB Sehati saja yang merasakan manfaat keberadaan Kampung KB, tapi juga dirasakan oleh seluruh Kampung KB yang ada di Kabupaten Sijunjung.(filka/humas)