Kaper BKKBN Sumbar Hadiri Peringatan Peristiwa Situjuah

Kab. 50 Kota, Minggu, 15 Januari 2023.
Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Fatmawati, ST, M.Eng menghadiri “Peringatan Peristiwa Situjuah ke-74 Tahun 2023″ didampingi oleh Plt. Kadis DP3AP2KB Kab. 50 Kota beserta jajaran yang digelar dilapangan Chatib Sulaiman, Nagari Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota pada Minggu 15 Januari 2023.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Sekdaprov Sumbar, Bupati 50 Kota, Unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD Provinsi, Ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai serta tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya gubernur mengatakan ” memaknai peristiwa Situjuah, yang kita peringati
pada hari ini, menjadi moment untuk mengingat kembali dan menghormati semangat perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah dan mempertahankan Kemerdekaan”, ucapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa peristiwa Situjuah ini dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk meneruskan
perjuangan dalam membangun bangsa dan negara yang kita cintai, tutur Gubernur.

“Oleh karena itu, marilah kita senantiasa mengisi
kemerdekaan ini dengan hal-hal positif dan bermanfaat, harap gubernur.
Peristiwa Situjuah adalah suatu peristiwa penyerangan oleh pasukan penjajah Belanda terhadap para pejuang kemerdekaan Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang menewaskan beberapa orang pimpinan pejuang dan puluhan orang anggota pasukan lainnya.
Diakhir sambutan gubernur berpesan untuk melanjutkan semangat persatuan dan
perjuangan yang mereka bangun, dengan mengisi kemerdekaan ini melalui prestasi-prestasi yang membanggakan.

“Kita jadikan momentum Peringatan Situjuah ini
sebagai cermin dan refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai masa depan, dengan terus memberikan yang terbaik dalam rangka
mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera,
sebagaimana cita-cita perjuangan bangsa”, tutup gubernur.