Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Komisi IX DPR – RI dan BKKBN Sumbar Sambangi Warga Kab. Solok

Rabu, 21 Oktober 2020, Anggota DPR RI Komisi IX, Bapak Drs. H. Darul Siska memberikan arahan pada acara Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR-RI di Halaman Kantor Camat Payung Sekaki Kabupaten Solok.
Dalam arahannya, Anggota DPR RI Komisi IX menyampaikan bahwa saya senang bisa menyapa ibu-ibu semua di Kecamatan Payung Sekaki. Keluarga yang baik, dapat mempedomani 8 fungsi keluarga, yaitu :
1. Fungsi agama, melalui agama bisa membimbing kita untuk hidup rukun sesuai dengan tuntunan dan bimbingan agama.
2. fungsi kasih sayang, penting untuk membentuk karakter anak. Kasih sayang dalam keluarga hendaknya menjadi perhatian bagi kita.
3. Fungsi perlindungan. Masing-masing anggota keluarga hendaknya saling melindungi dan punya sifat saling mempercayai. Melindungi keluarga dalam kehidupan bisa menjadi pintu terciptanya keharmonisan.
4. Fungsi sosial budaya. Mengajarkan nilai budaya kepada anak sejak dini, sehingga nilai maupun norma yang ada dimasyarakat bisa ditransformasi kepada anak sebagai generasi selanjutnya.
5. Fungsi Reproduksi hendaknya diajarkan juga kepada anggota keluarga. Seorang anak hendaknya disosialisasikan mengenai jenis kelaminnya apakah dia laki-laki dan perempuan, serta juga berkaitan erat dengan norma kesopanan.
6. Fungsi sosialisasi pendidikan. Sosialisasi dan pendidikan merupakan proses panjang bagi pembentukan karakter. Melalui tahapan ini, kedua orang tua hendaknya memberikan contoh yang baik kepada anak.
7 . Fungsi ekonomi. Dengan perencanaan hidup berkeluarga yang baik, pasangan bisa menyiapkan strategi sekaligus penataan ekonomi yang lebih terencana.
8. Pembinaan lingkungan. Hal inj dapat ditanamkan dengan nilai-nilai mencintai lingkungan, tidak membuang sampah serta mencintai kehidupan sesama.
Sebelumnya, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Ibu Ir. Hj. Etna Estelita, M.Si menyampaikan saat ini BKKBN telah melakukan rebranding dengan simbol love atau hati. Artinya BKKBN siap membantu keluarga Indonesia menjadi negara yang sejahtera. Indonesia merupakan negara yang dikenal potensial. Begitu juga dengan jumlah penduduknya. Hal ini harapannya juga berbanding lurus dengan kemajuan bangsa membanggakan. Namun disadari saat ini Indonesia kualitas SDM.nya perlu ditingkatkan. Hal ini terbukti dengan Indeks IPM Indonesia yang masih ranking 111 dari 189 negara. Untuk itu BKKBN melalui Program Bangga Kencana dari dulu hingga nanti berkomitmen untuk menjadikan penduduk yang tumbuh seimbang, dan keluarga yang berkualitas.
Dalam pembangunan keluarga, khususnya remaja berperan penting bagi kemajuan bangsa kedepan. Karena jumlah remaja saat ini seperampat dari total populasi penduduk Indonesia. Untuk itu melalui Program GenRe dan Bina Keluarga Remaja, mari kita ajak dan tanamkan nilai-nilai kepada remaja Indonesia untuk menjadi remaja yang sesuai dengan tahapan transisi remaja :
1. Melanjutkan pendidikan
2. Bekerja sesuai minat dan bakat
3. Merencanakan kehidupan berkeluarga, laki-laki dianjurkan menikah diatas umur 25 tahun dan perempuan diatas 21 tahun.
4. Menerapkan pola hidup sehat
5. Menjadi bagian dari masyarakat.
Kepala DPPKBP3A Kabupaten Solok menyampaikan terimakasih kepada Bapak Anggota DPR RI Komisi IX dan Perwakilan BKKBN Sumatera Barat atas kegiatan yang strategis kali ini. Saat ini, Program BKKBN telah direbranding menjadi Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Keepndudukan dan KB) dengan tagline Berencana Itu Keren, Dua Anak Lebih Sehat. Mudah-mudahan melalui rebranding ini bisa menjadikan keluarga-keluarga Indonesia lebih berkualitas kedepannya. DPPKBP3A Kabupaten Solok punya petugas lapangan saat ini hanya 34 orang, sedangkan wilayah kerja kita yang luas. Hal ini dirasa masih menjadi kendala bagi kita karena kekurangan kuantitas penyuluh. Namun dengan bantuan pemerintah daerah, sudah dianggarkan menjadi tenaga harian lepas (Non ASN). Walaupun demikian, semoga pengelolaan bersama Program Bangga Kencana tersebut, lebih membawa manfaat bagi kita semua.
Turut hadir dalam kesempatan ini, Jajaran P erwakilan BKKBN Sumatera Barat, Camat Payung Sekaki dan para kader kb dan masyarakat setempat. Acara ini terlaksana dengan memperhatikan protokol kesehatan.