Wabup Rahmang Buka Rakorda Percepatan Penurunan Stunting

by Admin2in BeritaBerita Padang Pariaman

 

Pariaman, – Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2022 yang digelar di Hall Saiyo Sakato Pariaman, Rabu (14/12).

Kegiatan rapat Koordinasi percepatan penurunan stunting ini difasilitasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman dengan menghadirkan peserta yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman selaku Wakil Ketua TPPS, Ketua GOW, OPD dan Tim yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Padang Pariaman.

Turut hadir Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, BAZNAS, Satgas Stunting Kabupaten Padang Pariaman, Camat Se-Kabupaten Padang Pariaman, Penyuluh KB se Kabupaten Padang Pariaman dan narasumber, dengan jumlah peserta 100 orang.

Selaku ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Wakil Bupati Rahmang dalam sambutannya mengatakan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh dan kembang pada anak akibat kekurangan asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Dampak jangka pendek stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pertumbuhan fisik serta gangguan metabolisme.

Ia mengungkapkan, TPK, Kader KPM, PKH memiliki peran penting dalam mengawal percepatan penurunan stunting. Maka ia menyebut, peran bersama baik OPD, Camat se-Kabupaten Padang Pariaman dan Instansi terkait dapat mendukung program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Padang Pariaman.

“Selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), saya menyambut baik pelaksanaan rapat koordinasi daerah percepatan penurunan stunting ini, yang mana ini bagian upaya komunikasi dan kerjasama yang baik dalam perjuangan kita mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Padang Pariaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DPPKB Kabupaten Padang Pariaman Elfi Delita selaku sekretaris TPPS menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan konvergensi masing-masing Dinas/Instansi dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Padang Pariaman.

“Hari ini kita akan melakukan telaah dan mendiskusikan sudah sejauhmana kita melakukan terobosan dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Padang Pariaman”, ujarnya.